Prastyo's Blog

SEO – Menjadi Magnet Bagi Pengunjung Dari Google

Posted on: Februari 23, 2012

Penguasaan SEO, atau Search Engine Optimization, telah menjadi bagian yang penting bagi pemilik bisnis online. Dengan semakin banyaknya pemakai mesin pencari seperti Google untuk mendapatkan informasi, peran SEO menjadi semakin penting. Bayangkan bila Anda bisa mendapatkan pelanggan tanpa harus membayar biaya periklanan. Bayangkan jika Anda mendapatkan pengunjung yang siap membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan. Itu semua mungkin dengan implementasi yang baik dari strategi yang akan saya jabarkan di seri artikel ini.   

Banyak pemula yang saya ketahui bersikap skeptis. “Bukankah SEO itu sulit? Teorinya sih gratis, tapi jika harus menghabiskan banyak waktu untuk implementasinya… sama saja bohong. Karena waktu itu adalah uang.”Benar. Bagi pemilik usaha yang tidak memiliki dana berlebih untuk beriklan, SEO merupakan alternatif yang sangat menggiurkan. Tapi tidak terbatas di sana, bahkan sebuah perusahaan besar yang sanggup mengeluarkan milyaran untuk promosi pun tidak dapat mengabaikan pencari… sebab pelanggan mereka sedang membentuk citra perusahaan melalui hasil pencarian.Itulah sebabnya perlu panduan yang tepat dan rencana yang matang. Dengan strategi SEO yang akan saya tunjukkan kepada Anda, sebagian besar prosesnya akan sangat alami. Artinya, langkah-langkah yang Anda tempuh merupakan aktivitas yang dilakukan oleh setiap pemilik situs dan bisnis online. Jika dapat memperoleh manfaat lebih dalam bentuk pengunjung gratis yang memaksimalkan pendapatan usaha Anda, mengapa tidak?SEO – Bukan Hanya Tentang Keyword Dan LinkSitus web yang sukses tergantung dari banyak faktor. Beberapa darinya akan didiskusikan dalam seri artikel ini. Yang lainnya dapat Anda cari tahu dengan merujuk pada bagian lain dari situs ini. Intinya, yang terpenting dari sebuah blog atau website, tidak lain dan tidak bukan, adalah pemirsa.Posisikan diri Anda sebagai salah satu pemakai Internet. Jika Anda sedang melakukan pencarian di mesin pencari dan menemukan satu situs web… apa yang Anda inginkan?

Situs dengan informasi lengkap dan berkualitas, tentunya. Informasi yang merupakan jawaban atas pertanyaan yang Anda tanya-tanya di dalam hati sebelum memasukkan keyword ke dalam mesin pencari.Di samping itu, Anda ingin agar situs tersebut mudah dipergunakan. Tautan navigasi dan struktur konten didesain dengan baik. Sedemikian mengesankan hingga Anda mengingatnya agar kelak dapat kembali lagi. Ataupun menambahkannya ke bookmark web browser Anda. Pastinya ada faktor-faktor lain, tapi kriteria di atas cukup mewakili apa yang ingin saya sampaikan. Dalam membangun sebuah situs web, Anda harus memperhatikan hal-hal tersebut di samping optimasinya di mesin pencari.Matt Cutts, seorang insinyur di Google yang menangani web spam, mengatakan, “Get noticed, then get traffic from Google.”Urutan yang benar harus seperti itu. Buat konten yang bermanfaat terlebih dahulu. Dengan sedikit promosi, orang-orang akan mulai membicarakan dan memberikan perhatian kepadanya. Nah saat itulah, Anda akan memperoleh pengunjung dari Google. Webmaster yang fokus pada manipulasi ranking atau konten sampah melakukannya dalam urutan yang terbalik. Bahkan, mereka tidak pernah memperoleh tempat yang tetap di hati pemirsa.Psikologi Mesin Pencari GoogleTidak perlu kuatir, pembahasan ini bakal singkat dan sederhana saja.Perlu diingat bahwa selaku mesin pencari, Google ingin memberikan kenyamanan dalam memakai jasa yang mereka tawarkan. Untuk itu, Google berusaha sebaik mungkin mengembalikan hasil yang relevan kepada pemirsanya. Artinya, pemilik situs atau blogger yang menciptakan konten yang diinginkan pembaca akan memperoleh ranking yang tinggi secara alami. Ya, memang tidak akan terjadi secara otomatis. Namun dengan sedikit promosi akan mendapat perhatian dari Google.Dengan kata lain, Anda tidak harus menjadi seorang ahli SEO untuk menikmati pengunjung gratis dari mesin pencari Google. Cukup mengetahui dan melaksanakan prinsip-prinsip dasarnya saja dan Anda akan berada di puncak hasil pencarian lebih lama daripada jika Anda berusaha memanipulasi.Pengalaman yang baik dengan Google itu penting sebab mereka ingin pemakai datang kembali.

Dengan sistem periklanan yang mereka punya, Google AdWords, yang tampil di sebelah kanan hasil pencari… semakin banyak pemakai yang kembali maka akan semakin banyak keuntungan yang mereka garap. Dan semakin banyak pula yang mencoba berbagai aplikasi lain yang disediakan Google.Semuanya bermula dari hasil pencarian yang bermutu. Jadi dapat dibayangkan betapa besarnya sumber daya dan perhatian yang dicurahkan Google untuk yang satu ini. Jadi, jangan coba bermain-main… jika Anda serius dengan bisnis online Anda.Mengapa Saya Menulis Panduan IniBanjirnya informasi di Internet harus diakui seperti pisau bermata dua. Anda hampir pasti dapat menemukan informasi yang Anda inginkan, tapi di lain pihak, banyak sekali waktu dan usaha yang harus dilakukan. Belum lagi setelah saya telusuri, banyak informasi yang ada telah kedaluarsa.Teknologi dan algoritma mesin pencari berubah secara dinamis… informasi yang kedaluarsa yang tetap ditemukan pembaca bukan saja tidak membantu, tapi malah akan menyesatkan. Anda bisa jadi menghabiskan banyak waktu berpikir bahwa Anda sedang melakukan sesuatu yang produktif, tapi ternyata tidak.Bagi pemula yang ingin membuat web site, ada beberapa hal yang harus diketahui agar proses optimasi dapat berjalan nantinya. Akan sulit mengganti struktur konten situs nantinya jika tidak melakukannya dengan benar dari awal. Beberapa alasan di atas adalah dasar mengapa saya menulis seri artikel ini.Seorang teman saya yang juga blogger berargumen bahwa SEO tidaklah bernilai sebesar yang dibayangkan orang. Blog sobat itu dikirimi banyak pengunjung dari Google tanpa harus melakukan apa pun. Ya, itulah kesimpulan yang ingin saya sampaikan. Jika Anda melakukannya dengan benar, Google akan menghargai dengan ranking yang tinggi.Dan dengan mengetahui beberapa hal mendasar, Anda akan memiliki kesempatan yang jauh lebih besar untuk mengamankan ranking yang tinggi. Alhasil, posisi Anda akan semakin jauh meninggalkan kompetitor Anda.Langkah-Langkah Awal – Persiapan Sebelum Mengangkat SenjataSaya mengerti, Anda sudah tidak sabar ingin meluncurkan situs. Tapi tahan diri Anda terlebih dahulu karena persiapan berikut ini sangat penting. Perencanaan akan menghindari 80 persen dari sakit kepala yang akan Anda alami ketika mencoba mencuri ranking, terutama bila keyword yang Anda target terkenal sulit.Anda akan memulai dengan embuat keputusan kunci terlebih dahulu. Tujuannya agar Anda tidak terdesak dengan seribu satu hal yang ingin merampas perhatian Anda saat “pertandingan” ini dimulai. Saat bertinju, jika seorang petinju masih harus berpikir panjang tentang strategi dan arah serangannya, semuanya sudah terlambat. Begitu pula dengan SEO.Setelah keputusan penting dibuat, hanya dibutuhkan disiplin dan waktu untuk menjadikan rencana Anda menjadi kenyataan. Dan bila ada tantangan, mengubah sedikit strategi hingga mencapai tujuan yang diharapkan.Jadi apa langkah-langkah awal tersebut?

  • Riset keyword. Semua orang ingin menjadi nomor satu dalam sehari. Tapi kenyataannya tidak akan sepserti itu. SEO membutuhkan waktu. Google perlu memroses jumlah data yang sangat besar. Di samping itu, sengitnya persaingan untuk keyword yang bersangkutan juga memainkan peranan penting. Riset keyword melibatkan pemilihan kata kunci (keyword) atau frase yang berkaitan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Dengan riset yang benar, Anda akan dapat menemukan apa yang dinamakan long tail keyword, yaitu keyword dengan jumlah pencarian yang relatif lebih sedikit dari keyword utama, tapi masih sangat berkualitas. Dan yang terpenting, saingan yang ada jauh lebih sedikit. Inilah strategi yang selalu saya sarankan untuk hasil yang tercepat dan juga untuk membangun momentum untuk keyword yang lebih kompetitif.
  • Analisa kompetitor. Competitive intelligence yang sederhana termasuk menelusuri hasil pencarian untuk keyword yang diinginkan. Apa yang menempati 10 ranking pertama? Apa yang mereka tawarkan? Apa yang dapat Anda lakukan dengan lebih baik? Apa yang mereka lakukan agar berada di sana? Walaupun Anda tidak akan bisa membongkar semua rahasia mereka, setidaknya ada sebagian informasi yang dapat Anda gali dari analisa tersebut. Selagi melakukannya, catat juga strategi pemasaran dan model-model pendapatan yang mereka hasilkan dari masing-masing situs web tersebut.
  • Struktur konten yang baik. Perangkat lunak blog menjadikan langkah ini sangat mudah, bahkan otomatis. Tapi bagaimanapun, Anda perlu memilah konten dalam kategori-kategori yang berbeda. Bagi konten ke dalam 3-4 tingkatan, dengan puncaknya adalah beranda atau homepage situs atau blog Anda. Pergunakan tautan atau link untuk mengaitkan struktur konten tersebut. Tentu saja, ini semua masih dalam tahap perencanaan. Untuk sementara, setiap tingkatan konten tersebut dapat diwakili dengan keyword dari konten yang bersangkutan. Ya, setiap keyword ini akan dikembangkan kemudian menjadi sebuah konten atau halaman relevan yang akan ditemukan oleh pemirsa di hasil pencarian Google.
  • Konten yang ramah bagi mesin pencari maupun pemirsa. Teks masih merupakan format konten yang paling ramah bagi mesin pencari. Jika gambar Anda ditemukan untuk pencarian tertentu, pastikan Anda menggunakan atribut alt untuk mengindikasikan keyword yang terkait dengan gambar tersebut. Ikutsertakan transkrip atau ringkasan dari konten audio atau video jika hanya konten tersebut yang terdapat pada halaman. Berlawanan dengan nasihat yang biasa Anda dengar, animasi Flash harus dibatasi penggunaannya.
  • Desain profesional. Anda tidak harus menyewa desainer web yang mahal sejak awal, jika itu pilihan Anda. Ciri-ciri desain yang profesional adalah mudah dipergunakan dan dapat menyampaikan pesan dengan baik. Templat dan tema gratis yang tersedia di pasaran lebih dari cukup. Namun untuk membuatnya unik dan spesifik bagi situs Anda, modifikasilah warna dan mungkin strukturnya sedikit agar pas dengan kebutuhan Anda. Pastikan desain Anda kompatibel dengan SEO. Akan menguntungkan bila Anda memaksimalkan faktor-faktor yang dapat Anda kendalikan untuk kepentingan SEO.
  • Pencitraan. Jangan berpikir ini tidak penting. Setiap situs dan blog memiliki citranya sendiri. Dan kesan pertama biasanya mencerminkan citra bisnis Anda di mata pengunjung. Desain yang bersih dan konten yang menarik serta bermanfaat akan memposisikan situs Anda dengan baik. Ini akan membantu sedikit dan secara tidak langsung dalam usaha SEO Anda. Banyak yang bersikeras harus mengikutsertakan keyword dalam nama domainnya. Ya, itu akan sedikit mempengaruhi ranking halaman web Anda, tapi tidak perlu memikirkannya terlalu jauh. Google bukanlah searchengine.com tapi tetap berhasil mendominasi pangsa pasar mesin pencarian. Semuanya tergantung strategi bisnis Anda.

Membuat Konten AndaJika situs web adalah bangunan, maka konten adalah batu batanya. Konten adalah alasan mengapa pengunjung kembali lagi. Ada banyak hal yang dapat dikatakan tentang konten. Dengan mudah topik ini akan memenuhi sebuah buku. Tapi cukuplah untuk panduan ini disimpulkan bahwa peran konten sangat besar untuk bisnis online.Memproduksi konten yang bermanfaat itu seperti membangun mesin yang perkasa dan efisien. Promosi adalah bahan bakarnya. Dengan sedikit bahan bakar saja, mesin yang efisien akan mampu beroperasi sendiri dalam waktu yang lama.Banyak marketer yang sering menganggap remeh tentang konten. Mereka fokus pada faktor-faktor eksternal (yang akan Anda pelajari di bagian berikutnya) saja karena bagi mereka itu yang terpenting. Jangan terpancing dengan jalan pintas tersebut. Jika ditelusuri lebih lanjut, kemungkinan besar mereka menggunakan cara yang tidak dianjurkan Google untuk mencuri ranking.Untuk keberhasilan jangka panjang, situs dengan konten yang baiklah yang akan memenangkan permainan ini. Sampah yang mengotori hasil pencarian lambat laun akan tersapu oleh algoritma yang semakin cerdas dan pemakai yang tentu saja tahu apa yang terbaik untuk mereka.Ada beberapa hal yang harus Anda camkan dalam hati ketika membuat konten agar mendapatkan efek SEO yang maksimal:

  • Pakai keyword utama Anda di judul. Tag title dalam HTML adalah salah satu faktor halaman terpenting. Jadi pergunakan tag ini dengan baik agar Google mengenali konten Anda.
  • Sebarkan keyword sekunder secara alami. Tulislah artikel secara alami dan sebarkan keyword sekunder yang terkait merata-rata di batang tubuh konten. Dengan riset keyword yang telah Anda lakukan, langkah ini tidaklah sulit sama sekali. Seringkali keyword ini akan hadir sendiri tanpa harus diusahakan.
  • Pergunakan keyword tersebut dalam tautan. Langkah ini opsional tapi dapat membantu. Pasang taut ke dalam halaman web situs Anda sendiri atau ke situs eksternal dengan anchor text (kata-kata yang dijadikan link) adalah keyword utama tersebut.

Ingat, pemirsa Anda tahu bila Anda mengerjakannya dengan setengah hati.Promosikan Situs dan Konten AndaMesin yang efisien dan perkasa hanyalah sebongkah besi yang tiada gunanya tanpa bahan bakar. Situs dengan konten terbaik juga tidak akan berfungsi secara optimal tanpa promosi yang baik. Anda pasti pernah menemukan situs dengan konten yang sempurna namun tidak berada dalam halaman pertama Google. Dan pengunjung yang mereka dapatkan sangat minimal.Pemilik situs yang sukses bukan saja menghasilkan konten terbaik. Tapi mereka juga menggunakan strategi pemasaran yang efektif untuk menjangkau pemirsa tertarget. Langkah ini tidak opsional. Dengan jutaan situs yang ada di Internet, dan terbatasnya jumlah halaman yang dapat ditampilkan dalam hasil pencarian, maka siapa yang berusaha akan menang.Banyak orang yang alergi dengan kata promosi. Mereka pikir harus menjual sesuatu kepada orang lain seperti halnya seorang salesman. Tidak seperti itu. Anda dapat menarik orang-orang yang dapat membantu Anda tanpa harus mengumbar janji.Untuk itu Anda harus memahami makna promosi dari sudut pandang mesin pencari. Pada dasarnya, promosi dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan tautan berkualitas dari situs lain ke halaman situs Anda. Tautan atau link dari situs lain dapat dianggap sebagai suara yang merekemondasikan halaman situs Anda kepada pengunjung mereka. Dan bagi Google, ini mengirimkan sinyal tentang penting atau tidaknya halaman tersebut.Strategi yang dapat diterapkan sungguh tidak terbatas. Tapi salah satu contoh yang efektif adalah memasang artikel Anda di situs lain. Direktori artikel, misalnya, mengizinkan penulis untuk mengirimkan hasil karya mereka agar dapat ditemukan oleh pengunjung lain. Tentunya Anda dapat memasang link dari artikel tersebut kembali ke situs Anda.Hal lain yang penting adalah teks yang dipakai dalam link tersebut. Tulisan yang dicetak biru dan digaris bawahi dinamakan anchor text. Fungsinya memberitahu kepada Google topik rekomendasi yang disiratkan oleh link itu. Jadi usahakan anchor text yang dimiliki link yang mengarah kepada halaman web Anda berisi keyword yang Anda targetkan.Kumpulkan Data-Data BantuanAnda tidak dapat mengembangkan apa yang tidak diukur. Ada banyak data yang dapat dikumpulkan dan diolah menjadi informasi yang selanjutnya dapat dipakai sebagai panduan ke mana dan apa yang harus diperbaiki dari situs Anda. Dan tentunya, pendekatan yang Anda buat untuk mencuri ranking yang lebih baik.Anda dapat menggunakan layanan Google Analytics untuk melacak pengunjung Anda, keyword yang dipakai pengunjung untuk menemukan halaman situs Anda, dari mana semua pengunjung tersebut berasal, dan banyak lagi. Catatan yang dikumpulkan oleh hosting Anda memberikan beberapa masukan yang berarti, tapi tidak selengkap dan sefleksibel apa yang ditawarkan solusi seperti Google Analytics. Layanan ini gratis kok.Pemilik blog disarankan memakai FeedBurner untuk mendapatkan wawasan dan pemahaman yang mendalam mengenai pelanggan umpan RSS-nya. Layanan ini juga diberikan secara gratis oleh Google untuk kita semua.Mengetahui keyword yang paling dicari oleh pengunjung Anda, dan apa yang tidak dapat mereka temukan, akan sangat berarti dalam merencanakan strategi konten Anda yang selanjutnya.Kata-Kata PenutupWalaupun banyak faktor dari SEO dapat dijelaskan secara ilmiah, Anda harus memikirkan strategi Anda secara terpisah. Butuh kreatifitas untuk membangun situs yang sukses. Setelah pengunjung datang, apa yang akan datang lakukan untuk melayani mereka? Apa yang Anda tawarkan? Bagaimana Anda membujuk prospek untuk membeli? Proses tersebut merupakan perpanjangan tangan dari SEO, dan merupakan aspek yang lebih kompleks dan tidak semata-mata ilmiah.Konsumen bukanlah benda mati. Jadi tidak ada cara yang pasti untuk membangun situs yang sukses. Anda juga harus berinteraksi dengan pemirsa dan melakukan yang terbaik untuk mereka.Seluruh proses ini membutuhkan waktu. Namun usaha ini akan berbuah manis dan menjadi strategi penting yang akan mendatangkan pelanggan untuk bisnis Anda selama bertahun-tahun lamanya.

2 Tanggapan to "SEO – Menjadi Magnet Bagi Pengunjung Dari Google"

gmn caranya……..

saya rasa sudah saya jelakan
cobalah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Translator

Author

PROFIL

Saya, Eko Prastyo, S. Pd
Selamat menikmati blog saya, semoga apa yang ada di dalamnya dapat menjadikan manfaat.
saran dan kritik yang membangun, akan sangat bermanfaat untuk pengembangan blog ini.
Terima Kasih

Kalender

Februari 2012
S S R K J S M
    Mar »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
272829  

Blog Stats

  • 67,419 hits
%d blogger menyukai ini: