Prastyo's Blog

Seteguk Kenikmatan dalam secangkir kopi

Posted on: Februari 21, 2014

menikmati-secangkir-kopiMak nyuss….!!!!, kata yang terucap sebagai sebuah ungkapan kepuasan dalam menikmati cita rasa luar biasa dari secangkir kopi.

Kopi, minuman yang sudah sangat merakyat, bisa dikatakan, ” siapa yang tidak kenal kopi “, hampir sebagian besar penduduk di indonesia mengenal kopi, menikmati kopi dan bahkan mampu menciptakan racikan kopi yang khas.

Hampir dalam setiap kesempatan, kopi selalu hadir menemani suasana. Kopi menjadi sebuah candu bagi penikmatnya.

Candu yang legal, itulah kopi, tak ada habisnya perbincangan tentang kopi.

saya salah satu orang yang suka menikmati kopi, meskipun tidak banyak. paling cuma satu sampai dua cangkir kopi yang saya habiskan dalam sehari. kopi hampir selalu menemani aktivitas saya di kantor atau di rumah. bisa dikatakan, hampir kecanduan kopi, entah mengapa saya hampir kecanduan, mulanya hanya ikut-ikutan saja.

dari kenikmatan yang saya dapat dari kopi, saya jadi penasaran tentang kopi. saya sering mengikuti acara di sebuah stasiun televisi yang menyajikan acara tentang seluk beluk kopi. dari kopi lokal sampai kopi internasional. dari istilah yang mudah sampai istilah yang susah dihafal untuk sebuah racikan kopi. tidak sampai disitu saja, saya mencari informasi dari internet tentang kopi. dalam tulisan saya ini, saya mengambil informasi dari internet dan mungkin tulisan anda sedikit tercantum disini. saya tidak bermaksud kurang ajar dengan tidak meminta ijin terlebih dahulu. saya hanya ingin membagi penasaran saya dengan para pembaca tentang kopi.

begitu menariknya kopi hingga terlontar kata-kata……”ada apa dengan kopi ?”

sumber gambar (http://uniqpost.com)

Seperti yang ditulis (http://sains.me), Kandungan dalam kopi yang paling terkenal adalah kafein. Kafein ini dalam dunia kedokteran dimanfaatkan untuk merangsang kerja jantung dan meningkatkan produksi urin. Itulah sebabnya beberapa orang akan mengalami jantung berdebar setelah meminum kopi. Sedangkan besar kandungan kafein di dalam kopi sendiri adalah sebesar 1 hingga 1,5 persen.

(http://yusufzainal.blogspot.com) kandungan kafein dalam kopi dapat memberikan efek baik dan buruk bagi tubuh manusia, namun bila dikonsumsi dengan takaran yang pas, kafein dalam kopi efektif meningkatkan kewaspadaan, bahkan mencegah penyakit kronis.

Hal itu semua bergantung cara kita dalam menikmati secangkir kopi, agar mendapatkan khasiatnya!
Menurut para ahli, mengonsumsi kopi organik atau kopi arabika dari jawa, merupakan cara untuk mendapat manfaat positif dari kopi.
Karena setiap 8 ons kopi Arabika mengandung kadar protein yang lebih tinggi dibanding kopi biasa, serta memiliki kadar kafein yang lebih rendah. Kopi organik juga mengandung zat antioksidan 40 persen lebih tinggi dibanding kopi jenis lain.
Berapa cangkir kopi yang boleh kita minum?
Perlu diketahui, satu cangkir kopi rata-rata mengandung 100-150 miligram kafein, sementara satu demitasse (cangkir mini untuk espresso) singel, rata-rata mengandung 80-120 miligram kafein.
Bila satu demitasse diasumsikan 100 miligram kafein, berarti kita boleh minum tiga cangkir espresso sehari dengan aman tanpa terpengaruh efek negatif dari kafein; dengan asumsi bahwa kita tidak terlalu banyak minum minuman berkarbonasi, makan cokelat, atau minum obat sakit kepala pada hari yang sama.
Manfaat lain kafein yang terdapat dalam kopi ?

Tinggalkan Balasan

Translator

Author

PROFIL

Saya, Eko Prastyo, S. Pd
Selamat menikmati blog saya, semoga apa yang ada di dalamnya dapat menjadikan manfaat.
saran dan kritik yang membangun, akan sangat bermanfaat untuk pengembangan blog ini.
Terima Kasih

Kalender

Februari 2014
S S R K J S M
« Sep   Mar »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
2425262728  

Blog Stats

  • 67,419 hits
